Harga Teman?

Assalamu'alaikum

Mungkin sebagai pedagang pernah pengalaman kayak ....

"Eh, kamu jualan gan? Ini berapa? Separuh harga bisa kan? Harga teman ...."
"Kok mahal amat? Kurangin dikit lah, harga teman ...."
"Beli ini kok pake bayar? Gratis lah, harga teman ...."

Pasti kesel kalau dapat ginian, pengennya dapat untung malah rugi gara-gara kenal embel-embel "harga teman". Aku nggak habis pikir dengan statement ini? Apakah harga teman bakal ada jaminan keringanan?

Hey, please. Kalau ada temanmu jualan, entah pentol, baju, pulsa, bahsa jasa lainnya jangan kasih harga seenak jidat (emang enak ya?). Yang namanya teman itu disupport, kasih yang terbaik, minimal ya.. sekedar doa biar laku atau syukur-syukur bisa beli produknya dan memasarkan yang lebih luas, karena teman yang baik adalah yang mensupport, bukan karena itu

Bayangin kamu seharian jualan di pinggir jalan dan belum ada yang beli tiba-tiba ada temanmu tertarik untuk beli dengan setengah harga pake embel-embel "harga teman", menurutmu apa nggak sakit? Udah nggak ada yang beli, sekalipun ada, dikasih setengah harga, antara terpaksa dan kebutuhan "ya, daripada nggak laku"

Jadi, masih yakin melakukan itu? Apa nggak merasa kasihan udah tawar dengan harga yang murah, apalagi kamu lakukan ke teman kamu?

Jadi tolong ya, siapapun orangnya entah teman kamu atau bukan jangan tawar harganya. Kalaupun harganya kemahalan ya mending nggak usah dibeli, atau orangnya udah tawar harga setidaknya jangan bikin orang sampai merugi. Karena orang berdagang juga berhak berpenghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup, bukan hidupmu aja

Wassalamualaikum

Komentar